Cara Mudah Membersihkan Cache Aplikasi di Android

Cara Mudah Membersihkan Cache Aplikasi di Android -  Angga Rayaa

Cara Membersihkan Cache Aplikasi di Android – Hallo, kembali bersama Angga Rayaa yang akan selalu memberikan informasi seputar Android. Pada tutorial kali ini saya akan memberikan cara untuk menambah ruang penyimpanan di memory internal smartphone kamu dengan melakukan pembersihan cache aplikasi. Nah, seperti kamu ketahui kebanyakan pengguna smartphone Android ini banyak mengalami masalah seperti aplikasi yang keluar sendiri, aplikasi yang tidak bisa dibuka atau kekurangan memori padahal tidak menginstall banyak aplikasi dan lain sebagainya.

Apabila kamu sedang mengalami masalah sama yang saya jelaskan di atas tadi, ada baiknya agar kamu membersihkan cache aplikasi dan data di hp android kamu. Karena cache tersebut akan banyak sekali menguras memori perangkat android kamu. Selain itu juga, dengan membersihkan cache / sampah aplikasi ini bermanfaat agar menjadikan aplikasi kamu ringan dan ruang kosong pun aka tersedia banyak.

Pada Tutorial ini saya juga akan menjelaskan 2 cara membersihkan cache di Android agar smartphone Android kamu menjadi lebih ringan, lebih fresh dan tidak ada lagi aplikasi yang keluar sendiri atau tulisan “sayangnya aplikasi telah berhenti”. Dan berikut silahkan simak ulasannya berikut ini :)


1. Membersihkan cache langsung dari aplikasi

Cara membersikan cache di Android yang pertama ini langsung dari aplikasi dengan cara membuka pengaturan, pilih aplikasi. Selanjutnya cari aplikasi yang ingin kamu bersihkan cache aplikasi tersebut. Pilih “Hapus Cache” untuk membersihkan cache aplikasi. Jika diperlukan kamu juga bisa membersihkan data aplikasi dengan cara klik “Hapus Data”. Setelah itu aplikasi siap digunakan dan akan menjadi lebih ringan.

2. Membersihkan cache dengan melalui penyimpanan

Untuk cara yang kedua membersihkan cache dengan menghapus data dalam cache melalui pengaturan penyimpanan. Buka Pengaturan » Penyimpanan. Setiap perangkat Android mungkin memiliki menu pengaturan yang berbeda, jadi pastikan kamu bisa menemukan pengaturan penyimpanan.


Selanjutnya pilih “Data dalam cache” seperti yang terlihat pada gambar di atas. Bersihkan juga melalui “Serbaneka”. Kedua data dalam memori ini menguras banyak ruang penyimpanan, sehingga kamu harus rajin membersihkan. Tenang saja, membersihkan data dalam cache dan serbaneka tidak akan merusak atau menghapus aplikasi yang telah kamu install.

3. Membersihkan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga

Cara membersihkan cache di Android selanjutnya bisa dengan menggunakan aplikasi yang tersedia secara gratis di Play Store. Untuk membersihkan cache dengan mudah kamu bisa menggunakan aplikasi Clean Master. Cara membersihkan cache dengan menggunakan aplikasi Clean Master bisa dengan menghapus sekaligus atau memilih satu per satu aplikasi yang ingin dibersihkan cache aplikasinya.

Menggunakan Clean Master tidak hanya membersihkan cache saja, bahkan kamu bisa membersihkan sampai yang membuat ponsel menjadi lemot atau loading lama.


Demikian artikel kali tentang Cara Mudah Membersihkan Cache Aplikasi di Android, semoga dapat bermanfaat.


Blog, Updated at: 14:23:00

0 komentar:

Post a Comment