Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Erorr

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Erorr

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Erorr  -  Pernah kah diantara kalian mengalami touchpad yang erorr ?? Nah, Dikesempatan kali ini saya akan memberikan tips-nya untuk anda bagaimana cara mengatasinya. Touchpad adalah sebuah piranti keras yang terpasang pada sebuah perangkat laptop yang berfungsi sebagai penerjemah gerakan jari tangan pengguna (user) sesuai posisi yang di inginkan pada layar laptop.

Sebelum melakukan Tips yang akan saya berikan ada baiknya anda mengetahui dulu kronologis atau penyebab rusaknya touchpad itu karena serangan virus atau memang sudah rusak. Nah, jika laptop anda terkena virus dan meski virus tersebut sudah anda hapus ternyata virus tersebut masih meninggalkan pengaturan perintah yang ngawur (error) pada beberapa fungsi hardware yang tertanam, salah satunya pada touchpad laptop tersebut.

Berikut ciri-ciri error yang terjadi pada touchpad :
1. Beberapa menit awal menyala touchpad berjalan normal, kemudian tiba-tiba bergerak sendiri seperti meloncat-loncat ke atas dan ke bawah.
2. Jika pergerakan kursor menuju ke arah shortcut, langsung mengaktifkan (double klik) shortcut software tersebut sendiri.
3. Klik kiri berubah menjadi klik kanan.


Langkah-langkah dalam memperbaiki touchpad laptop yang error dengan menghapus driver mouse atau touchpad dari Device Manager tahapannya sebagai berikut : 
1. Masuk ke "control panel"=>"system"=>"device manager" atau pada shortcut "computer" klik kanan "properties"=>"device manager".  
2. Kemudian cari "mice and other pointing device" => klik simbol (segitiga) di sampingnya Kemudian klik kanan pada driver touchpad yang bernama "PS/2 Compatible mouse" =>"Uninstall (hapus driver)" Restart laptop anda. Pada saat windows 7 melakukan booting sekaligus akan menginstal driver touchpad yang baru dan touchpad kembali normal.

4. Jika anda menemukan driver "HID-compliant-mouse" ini merupakan driver mouse eksternal (mouse tambahan) biarkan saja.
5. Langkah diatas menggunakan os windows 7 dan nama driver bisa berbeda (mungkin Synaptics PS/2 Port Touchpad) bagi yang menggunakan os lain silahkan disesuaikan saja.


CATATAN
Pada beberapa kasus, cara diatas bisa memperbaiki tauchpad laptop yang error sampai tuntas, tetapi pada kasus tertentu perintah klik kiri dan kanan yang terbalik tidak bisa diperbaiki dengan cara diatas.

Seandainya anda mendapatkan permasalahan klik kiri dan kanan yang terbalik tidak dapat terselesaikan dengan cara diatas anda dapat menggunakan cara dibawah ini :


1. Masuklah kedalam regirtry editor (regedit) carany, klik star= > "RUN"isi tab dengan kata "regedit" setelah ituklik OK.
2. Carilah key berikut ini HKEY_CURRENT_USER => Control Panel=>mouse
3. Perhatikan disebelah kanan cari value "swapmousebutton" biasanya paling bawah=> klik 2x (double klik)
4. Maka akan muncul kotak dialog "edit string", pada tab "value data" rubah nilai menjadi 0, setelah itu klik OK.
5. Restart komputer anda.


Setelah mengikuti langkah-langkah Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Error sekarang touchpad laptop anda sudah kembali normal. 


Blog, Updated at: 11:36:00

0 komentar:

Post a Comment